OHU 2013

Open House Unit atau OHU adalah acara tahunan yang diselenggarakan Keluarga Mahasiswa ITB sebagai sarana pengenalan unit-unit kegiatan mahasiswa yang ada di ITB kepada mahasiswa baru. Pada tahun ajaran 2013/2014 ini, OHU diadakan pada hari Minggu, 1 September 2013. UKJ ITB tentunya turut berpartisipasi dalam rangka memperkenalkan diri serta mencari calon anggota baru.

Tema yang diangkat oleh panitia OHU tahun ini adalah Pesta Rakyat. Stand UKJ terletak di Booth C26, parkiran Labtek VIII. Panitia OHU UKJ menghias stand dengan satu set origami boneka hina dan karya shuuji (kaligrafi Jepang). Di stand juga terdapat layar yang menampilkan berbagai kegiatan UKJ, khususnya penampilan odori/tarian Jepang dan musik (band dan paduan suara).

Salah satu budaya OHU UKJ adalah adanya makanan gratis untuk para pendaftar yang membayar langsung. Tahun ini Divisi Masak UKJ membuat takoyaki secara live di stand! Harum takoyaki yang nikmat sepertinya berhasil menarik beberapa pengunjung untuk daftar UKJ. Massa UKJ yang kelaparan pun jadi ingin mendaftar ulang supaya dapat takoyaki, hehe.

Dimulai dari pagi hari, tepatnya sekitar pukul 8.15, stand pun dibuka. Petugas stand pun siap menjawab berbagai pertanyaan dari para mahasiswa baru maupun lama yang berdatangan. Pendaftaran dilakukan melalui laptop yang disediakan di stand. Tahun ini, stand UKJ juga menerima pendaftaran Nihongo Noryoku Shiken (tes kemampuan Bahasa Jepang) yang akan diadakan bulan Desember 2013.

Massa UKJ yang sedang bergentayangan di stand terkadang melakukan flash mob mengikuti tarian yang sedang ditayangkan di layar. Gerakan souran bushi, bon odori, yosakoi, dan lain-lain yang ditarikan dengan semangat dan mendadak juga berhasil menarik perhatian pengunjung.

Salah satu momen 'flash mob' di stand UKJ

Di OHU kali ini, selain stand ada juga wahana ceria, tempat mahasiswa bisa bermain dengan berbagai permainan yang disediakan oleh unit. UKJ menyediakan permainan daruma otoshi (tumpukan kayu yang harus dipukul bagian tengahnya dengan tidak menjatuhkan seluruh tumpukan) dan pop up barrel (permainan menusuk pisau mainan ke dalam lubang-lubang yang ada di dalam tong hingga karakter di dalamnya meloncat). Bagi yang berhasil menyelesaikan salah satu permainannya akan mendapatkan cokelat dan juga stiker UKJ sebagai syarat undian OHU.

Kemudian di gedung CC Barat ada wahana karya, yaitu pameran hasil karya berbagai unit termasuk UKJ. Divisi Manga UKJ memasukkan dua buah karya: The Family Effort, salah satu komik buatan alumni UKJ yang juga termasuk salah satu komik di Komik Kompilasi UKJ Vol. 7, dan bab 1 Komik Budaya UKJ.

Selain stand, wahana ceria, dan wahana karya, UKJ juga berpartisipasi di pawai unit yang diadakan di pagi hari. Anggota-anggota UKJ ikut meramaikan pawai dengan yukata Jepang yang berwarna-warni. Suasana meriah pawai di pagi hari menyulut semangat para massa unit dan mahasiswa baru.

Teteh cantik di pawai UKJ

Pada malam hari, Divisi Musik UKJ tampil di panggung utama OHU, membawakan lagu Dragon Screamer yang juga merupakan soundtrack dari anime terkenal Captain Tsubasa. Diikuti dengan penampilan tari Sagamihara Uraja dan Odoru Pompokorin oleh Divisi Odori featuring Divisi Musik. Walau hari sudah gelap, para performer dari UKJ berhasil mengajak massa bernyanyi dan menari bersama.

Akhir kata, walau panitia UKJ begitu kelelahan setelah seharian mengikuti OHU, tapi kami sangat senang melihat wajah-wajah calon anggota UKJ yang akan turut belajar, berkarya, dan bersenang-senang bersama kami kelak. Terima kasih juga untuk panitia OHU yang telah bekerja dengan sangat baik dalam menjalankan acara yang menyenangkan ini.

Berikutnya bagi para calon anggota UKJ, Penerimaan Anggota Baru atau PAB UKJ telah menanti. Kami tunggu kalian di sana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *