UKJ di HANAMI FEST

Poster Hanami
Poster Hanami

Pada Sabtu (8/4) lalu, UKJ ITB berkesempatan mengisi acara Hanami Festival di Landmark Residence Jl. Bima no. 81 Bandung. UKJ menampilkan tarian Wotagei dan Senbonzakura. Selain penampilan di panggung, UKJ juga membuka stand makanan selama festival berlangsung yang dikelola oleh Divisi Masak.

Wotagei dan Senbonzakura
Wotagei dan Senbonzakura
Stand Makanan
Stand Makanan

 

KOUHAKU GASSEN 2016 – Bunkakai

Foto Bersama usai Bunkakai (Kouhaku Gassen 2016)
Foto Bersama usai Bunkakai (Kouhaku Gassen 2016)

Pada 26 November 2016, rangkaian terakhir dari Kouhaku Gassen diadakan. Kali ini, nama rangkaiannya adalah Bunkakai. Akagumi dan Shirogumi kembali bertanding memperebutkan wanita idaman mereka.

Pertarungan kali ini menuntut tiap anggota masing-masing tim untuk menunjukkan skill mereka sesuai dengan divisi masing-masing. Untuk Divisi Odori, tiap tim wajib menarikan tarian Jepang. Untuk Divisi Musik, tiap tim wajib menyanyikan lagu Jepang dengan diiringi band masing-masing. Untuk Divisi Masak, tiap tim harus dapat memasak masakan sesuai dengan bahan dan waktu yang telah diberikan.Divisi manga harus menampilkan manga yang tiap tim ciptakan sendiri dan nantinya masing-masing tim melakukan dubbing. Untuk cosplay, tiap tim memberi perwakilan kabaret. Tiap perlombaan divisi dinilai oleh juri-tachi yang merupakan senpai-senpai UKJ.

Pertarungan Akagumi vs Shirogumi dimenangkan oleh Akagumi. Usai pemberian hadiah, kegiatan Kouhaku Gassen 2016 resmi ditutup dengan foto bersama.

Mina-san, ganbatte!

KOUHAKU GASSEN 2016 – Undokai

Dokumentasi acara Undokai
Dokumentasi acara Undokai

Ohayou minna,

12 November lalu, UKJ menyelenggarakan Kouhaku Gassen, yaitu acara internal untuk mendekatkan kouhai baru dengan senpai-senpai UKJ. Acara ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Undokai dan Bunkakai.

Undokai adalah rangkaian acara yang pertama diselenggarakan. Anggota UKJ yang sebelumnya telah dibagi menjadi 2 tim yaitu Akagumi dan Shirogumi, dituntut untuk membawa timnya menuju kemenangan melalui games olahraga.

Undokai diawali dengan pemanasan di Sekre UKJ, dilanjutkan dengan bermain beberapa permainan tim di Saraga ITB hingga sore hari.

Seru ya!

Bulan budaya (3)

Konbanwa~~~ bulan budaya selanjutnya membahas tentang sesuatu yang yummie. Apa yah? Apa coba, kalo bukan makanan Jepang. Yeay!! Siapin perutnya ya. Pertama, kita akan ngasih tau tentang bumbu-bumbu khas yang dipakai di makanan Jepang yaitu :

  • Shoyu, ini nih, bumbu utama makanan jepang. Terbuat dari kacang kedelai, tepung, dan garam. Rasanya kayak kecap asin, yah, beda-beda dikit.
  • Miso, kedelai yang dihaluskan dan difermentasi. Aromanya sangat khas dan sering dipakai untuk sup. Rasanya manis loh
  • Wasabi (gambar ketiga), wa-sa-biiiiii. Ini semacam sambel gitu di Jepang. Warnanya hijau, dibuat dari kacang Wasabia japonica. Rasanya pedas menyengat.

Itu tadi beberapa bumbu khas. Ada yang tau soba? Udon? Ya, keduanya sama-sama mie. Trus apa bedanya? Ini nih :

  • Soba, mie dari tepung gandum, bentuknya persegi panjang dan pipih
  • Udon, mie dari tepung terigu yang tebal. Bentuknya bulat pipih

Sekarang, kita masuk ke makanannya nih. Yuk mulai

  • Sushi, nah, ini nih makanan Jepang paling terkenal. Sushi ini aslinya di sana terbuat dari ikan mentah yang direndam dalam garam. Sushi ini variasinya macam-macam, ada dengan nasi, tanpa nasi, dan lain-lain
  • Onigiri, ini juga nggak kalah terkenal. Nasi kepal, bahasa Indonesia-nya. Seperti namanya, onigiri adalah nasi yang diberi isi lalu dikepal-kepal. Untuk menambahkan cita rasa, onigiri biasanya dibungkus nori (rumput laut kering)
  • Ramen, makanan favorit Naruto Uzumaki ini sedang nge-trend banget di Indonesia, mulai banyak kedai-kedai ramen bermunculan. Ramen adalah mie dengan kuah khusus. Aslinya, ramen mengandung babi loh sebagai topping, tapi di Indonesia, kebanyakan ramen-ramennya sudah halal kok, tenang.
  • Sukiyaki, sukiyaki adalah makanan Jepang yang dibuat dari rebusan berbagai macam bahan seperti daging, sayuran, dan lain-lain. Sukiyaki disajikan di dalam hot pot sehingga sukiyaki selalu panas dan mantap disantap di kala udara dingin.Aduh jadi laper nih, udahan dulu deh ya bulan budayanya, tunggu bulan budaya berikutnya yaaaa :3

Persiapan OHU

Pada rabu malam (28 Agustus 2013) terlihat di bagian depan sekre UKJ masih ada beberapa orang yang sedang sibuk melakukan sesuatu. Siapakah mereka? Apakah yang sedang mereka lakukan?

Mereka adalah anak-anak divisi masak (ditambah beberapa anak UKJ kelaparan) yang sedang berlatih membuat Takoyaki special UKJ. Takoyaki special ini rencananya akan dibagikan secara cuma-cuma pada saat OHU untuk para pendaftar yang membayar lunas.

Berikut beberapa foto dokumentasinya:

Workshop Internal UKJ “WorkNChop”

Hari/Tanggal:  Jumat, 29 Januari 2011
Tempat: Sekre UKJ

Workshop internal kali ini spesial karena merupakan gabungan dari 3 divisi, yaitu divisi Budaya, Cosplay dan Masak. Materi utama workshop kali ini adalah “Yukata” oleh divisi Budaya ditambah dengan “Kare“. Pengajar workshop Yukata adalah Ketua Divisi Budaya untuk perempuan serta Ketua Divisi Cosplay untuk laki-laki.

Workshop Kare dimulai semenjak sore dan workshop Yukata dimulai setelah Maghrib di depan sekre. Khusus bagi perempuan, diajarkan bagaimana membuat pita dari obi biasa serta menggunakan obi dan pita yang relatif lebih mudah. Bagi yang laki-laki, diajarkan bagaimana mengikat obi yang benar. Saat break, peserta dan pengajar sempat ber-Bon Odori di sekitar sekre.

Workshop kali ini ditutup dengan menyantap semangkuk nasi kare beserta tempura dan bermain kembang api.

みんな, ありがとうございます! o(〃^▽^〃)o