Bulan Budaya (2)

Hai, hai kita udah sampe dibulan budaya kedua, setelah kemarin kita membahas tentang bahasa. Kali ini kita mau membahas salah satu kategori tarian yang dimiliki UKJ! Namanya adalah yosakoi (よさこい).

Yosakoi ini biasanya ditarikan di musim panas pada festival-festival. Gerakan-gerakannya bersemangat dan musiknya bikin dag-dig-dug. Tarian-tarian yosakoi variasinya sangat banyak sehingga tidak menutup kreativitas dari para penarinya. Walaupun bervariasi, esensi tarian ini tetap sama yaitu membawa semangat bersenang-senang di musim panas!

Ini contohnya :

https://www.youtube.com/watch?v=bZx-FGO9_xY&list=UUhPdk0c7Jb6gWdEr51ON8SQ (sagamihara)

https://www.youtube.com/watch?v=SOC7dZQn0nk&list=UUhPdk0c7Jb6gWdEr51ON8SQ (uraja)

https://www.youtube.com/watch?v=nLfeQKo0Jds&list=UUhPdk0c7Jb6gWdEr51ON8SQ (seichou)

nah, kelihatan kan kalau yosakoi itu rame dan seru abis.

Eh, tuh kostumnya lucu yah? Itu pake apa? Nah, kostum itu namanya Happi, biasanya dipakai waktu festival-festival gitu. Bentuknya kayak jubah gak berkancing, tipis, dan di belakangnya ada kanji sesuatu. Kalau di Jepang, huruf kanji di belakang itu menandakan lambang organisasi atau marga.

Kalau yang di terakhir itu apa? Kok pake alat-alat lucu? Nah itu namanya naruko, alat khusus buat nari di yosakoi. Naruko dibunyikan di saat-saat tertentu dalam tarian, suaranya bikin tarian lebih meriah dan bersemangat.

dulu warna naruko selalu orange sama hitam, tetapi sekarang naruko udah bermacam-macam warna :D. Contohnya warna yang dibawah ini :Nah itu tadi sekilas tentang tarian yosakoi untuk bulan budaya kali ini see you dibulan budaya selanjutnya yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *