Bulan Budaya (4)

Halo semuanya! Artikel bulan budaya datang lagi menyambut kalian. Kali ini kita akan membahas salah satu tarian modern dari Jepang, yaitu Para-para (ラパラパ). Mungkin beberapa dari kalian pernah mendengar jenis tarian ini dari permainan arcade Para-para Paradise.

Para-para Paradise

Para-para identik dengan genre lagu Eurobeat, yaitu salah satu jenis musik disco. Selain Eurobeat, para-para juga banyak menggunakan musik-musik Techno. Setiap lagu memiliki gerakannya masing-masing, yang berbeda antara satu lagu dengan lagu lainnya. Para-para lebih menonjolkan gerakan tangan, dengan gerakan tubuh bagian bawah yang sedikit, seperti gerakan kiri-kanan atau maju-mundur.

Dalam performance, gerakan para-para bisa digabungkan dengan jenis tarian lain, termasuk tari tradisional. Nah, berikut ini ada video performance para-para dari Fuzakeru Paraboys. Video ini diambil saat mereka memenangkan juara 1 dalam lomba para-para di SMAN 5 Bandung. Kita bisa melihat contoh gerakan-gerakan para-para, dan juga bagaimana mengombinasikan jenis tarian lain dalam performance para-para.

Sekian dulu artikel budaya kali ini, sampai jumpa di artikel budaya selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *