Bulan budaya (3)

Konbanwa~~~ bulan budaya selanjutnya membahas tentang sesuatu yang yummie. Apa yah? Apa coba, kalo bukan makanan Jepang. Yeay!! Siapin perutnya ya. Pertama, kita akan ngasih tau tentang bumbu-bumbu khas yang dipakai di makanan Jepang yaitu :

  • Shoyu, ini nih, bumbu utama makanan jepang. Terbuat dari kacang kedelai, tepung, dan garam. Rasanya kayak kecap asin, yah, beda-beda dikit.
  • Miso, kedelai yang dihaluskan dan difermentasi. Aromanya sangat khas dan sering dipakai untuk sup. Rasanya manis loh
  • Wasabi (gambar ketiga), wa-sa-biiiiii. Ini semacam sambel gitu di Jepang. Warnanya hijau, dibuat dari kacang Wasabia japonica. Rasanya pedas menyengat.

Itu tadi beberapa bumbu khas. Ada yang tau soba? Udon? Ya, keduanya sama-sama mie. Trus apa bedanya? Ini nih :

  • Soba, mie dari tepung gandum, bentuknya persegi panjang dan pipih
  • Udon, mie dari tepung terigu yang tebal. Bentuknya bulat pipih

Sekarang, kita masuk ke makanannya nih. Yuk mulai

  • Sushi, nah, ini nih makanan Jepang paling terkenal. Sushi ini aslinya di sana terbuat dari ikan mentah yang direndam dalam garam. Sushi ini variasinya macam-macam, ada dengan nasi, tanpa nasi, dan lain-lain
  • Onigiri, ini juga nggak kalah terkenal. Nasi kepal, bahasa Indonesia-nya. Seperti namanya, onigiri adalah nasi yang diberi isi lalu dikepal-kepal. Untuk menambahkan cita rasa, onigiri biasanya dibungkus nori (rumput laut kering)
  • Ramen, makanan favorit Naruto Uzumaki ini sedang nge-trend banget di Indonesia, mulai banyak kedai-kedai ramen bermunculan. Ramen adalah mie dengan kuah khusus. Aslinya, ramen mengandung babi loh sebagai topping, tapi di Indonesia, kebanyakan ramen-ramennya sudah halal kok, tenang.
  • Sukiyaki, sukiyaki adalah makanan Jepang yang dibuat dari rebusan berbagai macam bahan seperti daging, sayuran, dan lain-lain. Sukiyaki disajikan di dalam hot pot sehingga sukiyaki selalu panas dan mantap disantap di kala udara dingin.Aduh jadi laper nih, udahan dulu deh ya bulan budayanya, tunggu bulan budaya berikutnya yaaaa :3

Bulan Budaya (2)

Hai, hai kita udah sampe dibulan budaya kedua, setelah kemarin kita membahas tentang bahasa. Kali ini kita mau membahas salah satu kategori tarian yang dimiliki UKJ! Namanya adalah yosakoi (よさこい).

Yosakoi ini biasanya ditarikan di musim panas pada festival-festival. Gerakan-gerakannya bersemangat dan musiknya bikin dag-dig-dug. Tarian-tarian yosakoi variasinya sangat banyak sehingga tidak menutup kreativitas dari para penarinya. Walaupun bervariasi, esensi tarian ini tetap sama yaitu membawa semangat bersenang-senang di musim panas!

Ini contohnya :

https://www.youtube.com/watch?v=bZx-FGO9_xY&list=UUhPdk0c7Jb6gWdEr51ON8SQ (sagamihara)

https://www.youtube.com/watch?v=SOC7dZQn0nk&list=UUhPdk0c7Jb6gWdEr51ON8SQ (uraja)

https://www.youtube.com/watch?v=nLfeQKo0Jds&list=UUhPdk0c7Jb6gWdEr51ON8SQ (seichou)

nah, kelihatan kan kalau yosakoi itu rame dan seru abis.

Eh, tuh kostumnya lucu yah? Itu pake apa? Nah, kostum itu namanya Happi, biasanya dipakai waktu festival-festival gitu. Bentuknya kayak jubah gak berkancing, tipis, dan di belakangnya ada kanji sesuatu. Kalau di Jepang, huruf kanji di belakang itu menandakan lambang organisasi atau marga.

Kalau yang di terakhir itu apa? Kok pake alat-alat lucu? Nah itu namanya naruko, alat khusus buat nari di yosakoi. Naruko dibunyikan di saat-saat tertentu dalam tarian, suaranya bikin tarian lebih meriah dan bersemangat.

dulu warna naruko selalu orange sama hitam, tetapi sekarang naruko udah bermacam-macam warna :D. Contohnya warna yang dibawah ini :Nah itu tadi sekilas tentang tarian yosakoi untuk bulan budaya kali ini see you dibulan budaya selanjutnya yah